Rabu, 10 Juni 2015




Tidak seperti pasar-pasar lainnya, Cirebon memiliki Pasar Kue Weru yang didirikan khusus untuk menjual beragam kue. Berdiri sejak 1987 silam, pasar ini menyediakan beragam jenis penganan ringan. Tak hanya makanan modern, kue tradisional yang mungkin sudah lama tidak terlihat di kota besar juga masih bisa ditemukan di tempat ini. Kue-kue yang dijual di sini juga dijamin sesuai standar kesehatan.

Buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB, harga kue yang ditawarkan para pedagang di pasar ini lebih murah dibanding di warung atau toko oleh-oleh lainnya. Walau kerap mengirim aneka kue dengan jumlah besar ke berbagai daerah di Indonesia, pedagang di sini juga melayani pembeli eceran. Pasar yang memiliki luas 930 meter persegi ini berisi 104 kios dengan pelanggan tak hanya dari Cirebon, tetapi juga beberapa kota besar lain di Indonesia. Tidak bisa dihitung berapa jenis kue yang ada di sini karena saking banyaknya.

Tidak seperti pasar lainnya, di sini pada hari Jumat dan Minggu justru banyak kios yang tutup. Bahkan seminggu sebelum Lebaran, 50 persen kios di sini sudah tutup dan baru akan buka normal beberapa minggu setelah Lebaran. Pedagang di sini pun dijamin tidak ada satu pun yang menjual kue tidak sesuai standar. Kue yang sudah kadaluarsa sudah ada penampungannya untuk makanan ternak.

Awalnya pasar ini didirikan untuk menampung hasil produksi kue warga sekitar Cirebon. Namun dalam perkembangannya, beragam kue buatan pabrik modern pun ikut mampir di pasar ini. Sayangnya, dengan masuknya pusat perbelanjaan modern, pelanggan pasar ini agak menurun dan tidak seramai dulunya.




1 komentar: