Kamis, 03 Desember 2015




Di Bukittinggi, Sumatera Barat, mencicipi hidangan nasi Kapau menjadi menu wajib bagi para wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah nasi Kapau Uni Lis. Warung nasi Kapau ini terletak di Los Lambung Pasar Atas (Ateuh), tak jauh dari landmark Jam Gadang, Bukittinggi. Di sana, deretan penjual nasi Kapau siap memanjakan perut anda. Barisan baskom berisi lauk pauk beraneka ragam yang berjumlah belasan tersusun rapi di meja bertingkat.

Dengan dibantu tiga orang saudaranya, Zarniati atau yang biasa disapa Uni Zar, yang kini mengelola warung Nasi Kapau Uni Lis, selalu siap melayani pelanggan dengan senyuman yang ramah. Tangannya selalu siap dengan centong kayu panjang untuk mengambil beberapa lauk yang akan langsung dicampur dengan nasi. Uni Zar merupakan generasi ketiga pengelola warung makan ini. Ia adalah cucu dari Uni Lis yang sudah meninggal. Sebelum berjualan di Los Lambung, Uni Lis berjualan nasi Kapau di Pasar Lereng. Baru pada tahun 1989, pindah ke lokasi yang sekarang.


Uni Zar dan keluarga Uni Lis memang berasal dari daerah Nagari Kapau, Kecamatan Kilatan Kamang, Kabupaten Agam, tempat asal nasi Kapau. Mereka meneruskan tradisi berdagang nasi, karena rata-rata warga di sana memang berjualan nasi. Untuk bisa sampai ke Bukittinggi, dari Kapau dibutuhkan waktu kira-kira 40 menit. Seperti tradisi berdagang nasi yang sudah turun temurun, begitu pula dengan bumbu yang diresepkan. Mereka sudah tahu semua bumbu yang dipakai dan takarannya, karena sedari kecil sudah ikut membantu memasak. Untuk lauk, dipilih yang banyak disukai pelanggan dan cepat habis, seperti usus tambusu dan kikil. Ada pula yang menyukai dendeng, rendang ayam, rendang bebek, gulai tunjang, gulai cancang, pangek ikan, dan lain-lain.

Menu usus tambusu yang ditawarkan warung Nasi Kapau Uni Lis memang istimewa. Usus tambusu merupakan usus yang diisi adonan tahu dan telor. Uni Zar menjelaskan, perbedaan antara nasi Kapau dengan nasi Padang sebenarnya hanya terletak dalam penyajiannya. Kalau nasi Kapau semuanya disajikan dalam piring bercampur, beda dengan nasi Padang yang terhidang terpisah dengan lauk-lauknya. Nasi Kapau pasti juga dilengkapi sayuran seperti nangka, kol, dan kacang panjang yang disiram kuah gulai.


Warung Nasi Kapau Uni Lis tidak pernah membuka cabang di tempat lain. Jadi kalau ada yang ingin menikmati, memang harus datang ke warung yang hanya ada satu-satunya ini. Warung ini buka sejak pagi pukul 07.00 sampai pukul 17.30 WIB saja. Setiap hari, sejak pukul 04.00 pagi, Uni Zar sudah bangun dan memasak belasan jenis lauk yang akan dijual di Pasar Atas. Jam 6 biasanya semua masakan sudah siap. Warungnya tidak pernah libur, kecuali hari Lebaran. Soal harga, seporsi Nasi Kapau dengan satu jenis lauk dihargai Rp 25.000 saja. Harga ini jarang naik. Kalau pun harus naik, itu karena harga sembako yang mahal. Jadi semuanya memang disesuaikan dengan kondisi.

12 komentar:

  1. Salam super buat usaha kuliner yg bettarif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. JUAL Obat Aborsi Bandung MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
      Obat Penggugur Kandungan Bandung YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER Cytotec Asli Bandung
      YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.
      Ciri Cytotec Asli adalah obatnya tidak ada bentuk lain selain persegi enam dan warnanya pun cuma putih.

      INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:

      Obat Aborsi Di Bandung
      Obat Penggugur Kandungan Di Bandung
      Penggugur Kandungan Di Bandung
      Obat Penggugur Janin Di Bandung
      Obat Cytotec Asli Di Bandung
      Cytotec Asli Di Bandung


      Obat Aborsi
      Cara Menggugurkan Kandungan
      Menggugurkan Kandungan
      Menggugurkan Janin
      Obat Penggugur Kandungan
      Penggugur Kandungan
      Obat Cytotec Asli
      Cytotec Asli
      Obat Peluntur Janin
      Peluntur Janin
      Obat Penggugur Janin
      Penggugur Janin
      Obat Telat Bulan
      Cytotec Asli

      CALL/WA : 081325000880
      BBM : 54D5479D

      Hapus
  2. Usaha kuliner BERTARIF mencirikan PROFESIONAL SPORTIF dan JUJUR

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Pengelola usaha kuliner untuk tidak mrokok dan bicara dihadapan makanan, karena sangat berpeluang kejatuhan debu rokok dan cipratan air srlera.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Tambunsu, Kapau & Kuliner Padang ..
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/16/3478/

    BalasHapus
  8. Tambunsu, Kapau & Kuliner Padang ..
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/16/3478/

    BalasHapus
  9. agen casino B O L A V I T A bonus rollingan s/d 1.000.000
    buruan daftar segera dan hubungi CS kami di bawah sini
    Wechat : Bolavita
    WA : +62.8.1.2-2.2.2.2.-9.9.5
    Line : cs_b.o.l.a.v.i.ta
    BBM : B.O.L.A.V.I.T.A / D.8.C.3.6.3.C.A

    BalasHapus
  10. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus