Kamis, 08 Maret 2018


Penggunaan kata Cak sebagai awalan sebuah nama sangat identik dengan budaya Jawa Timur. Namun tidak dengan nama tempat makan di kawasan Jalan Pengayoman, Mamuju, Sulawesi Barat ini. Penggunaan kata Cak digunakan tak lebih demi menarik perhatian pelanggan. Sesuai dengan nama rumah makannya, Kapurung menjadi makanan utama yang disajikan dan dicari pelanggan di tempat ini. Kapurung yang ada di tempat ini memiliki aneka taburan seperti ikan, udang, dan ayam. Ikan yang digunakan sebenarnya tergantung dari hasil nelayan sekitar. Bisa saja yang digunakan adalah ikan lajang, cakalang, atau ikan berukuran kecil seperti teri yang biasa disebut mairo oleh orang lokal. Namun, di tempat ini, ikan mairo selalu tersedia demi kepuasan pelanggannya.

Kapurung yang disajikan dengan kuah kaldu ayam atau ikan ditambah berbagai jenis sayur seperti bayam, jagung, kacang panjang, dan jantung pisang itu semakin gurih dengan adanya campuran kacang tanah dalam campuran bumbunya. Bola-bola sagu menyerupai bakso di dalamnya membuat semangkuk kapurung cukup mengenyangkan. Jika kurang pedas dan asam, sambal serta irisan jeruk nipis mendampingi setiap porsi kapurung. Namun, bila ingin semakin meningkatkan rasanya, sambal mangga atau racca mangga dapat dipesan. Rasa asam mangga muda yang digunakan, tercampur dengan cabai, menjadikan setiap suapan kapurung semakin istimewa.


Selain kapurung, di tempat ini tersaji pula masakan khas Sulawesi seperti barobbo yaitu bubur yang terbuat dari jagung berisi sayuran seperti bayam dan labu. Untuk menambah kental, bubur jagung ditambah bubur nasi secukupnya. Ada pula masakan bernama parede yakni masakan ikan asam pedas. Asam masakan ini bukan berasal dari cuka atau asam jawa, namun menggunakan patikala atau parutan mangga muda.

Pengalaman mencoba kuliner di tempat ini semakin lengkap jika memesan paco. Sebuah masakan yang jarang ditemui dan menghadirkan sensasi baru bagi lidah. Makanan ini menyerupai sashimi atau cheviche. Paco dibuat dari irisan daging ikan mentah yang dicampur irisan mangga, cabai, dan cuka atau jeruk. Yang juga menjadi keistimewaan tempat ini adalah semua masakan baru dimasak ketika dipesan. Jadi, selalu menyajikan masakan yang segar.




2 komentar:

  1. Sambal Roa Judes, salah satu kekayaan kuliner nusantara, Sambal yang dibuat dari campuran Ikan Roa ini selalu sukses menggoda lidah para penggemar pedas. Bahkan bagi mereka yang tidak pernah memilih ikan sebagai menu makanan mereka pun, selalu berakhir dengan mengakui kehebatan rasa Sambel Roa JuDes ini.. Anda penasaran ingin menikmatinya ? Hubungi layanan Delivery Sambal Roa Judes di 085695138867,

    BalasHapus
  2. Sangat membantu dan tempatnya menarik salam cv.tugu tour and rent car

    BalasHapus