Selasa, 01 Desember 2015




Tak sulit mencari tempat makan di Pontianak walau matahari telah tenggelam. Beberapa jalan besar seperti Jalan Siam dan Jalan Gajah Mada penuh dengan penjaja makanan berat dan ringan. Satu di antaranya adalah penjual Sotong Pangkong yang biasanya hanya dapat ditemukan kala Ramadhan.

Makanan ringan yang memiliki campuran rasa gurih, pedas, asam dan manis ini cukup unik dalam penyiapannya. Usai dipukul-pukul, sotong kering kemudian digiling dengan sebuah alat khusus. Persiapan pembuatan penganan ringan ini tak berhenti sampai di situ. Daging sotong kemudian diberi bumbu dan dipanggang. Proses pemanggangannya ada dua jenis, dipanggang di atas bara arang atau menggunakan oven.



Perbedaannya, sotong yang dipanggang dalam oven lebih kering ketimbang dipanggang menggunakan arang. Proses pemanggangan tidak membutuhkan waktu lama, hanya untuk membuat gula dalam bumbu berubah menjadi karamel sehingga bumbu melekat pada daging sotong. Penganan ringan ini disajikan dengan beberapa pilihan jenis saus. Seporsi harganya mulai Rp 10.000 sampai Rp 20.000, tergantung besarnya sotong. Pedagang sotong pangkong biasanya juga menyiapkan penganan ini untuk oleh-oleh yang sudah dikemas dengan harga Rp 20.000 sampai Rp 50.000.

0 komentar:

Posting Komentar