Jumat, 14 Agustus 2015




Kuliner ini memang tidak setenar coto Makassar, tapi dijamin rasanya tak kalah hebat. Pallubasa namanya, biasa disingkat dengan nama Palbas. Pallu dalam bahasa Makassar diartikan sebagai makanan dan basa berarti basah. Jadi, Palbas ini artinya makanan berkuah. Palbas hampir mirip coto dengan bahan baku utama aneka daging serta jerohan sapi ataupun kerbau. Bedanya, kuah Palbas lebih kental dan gurih karena dicampur serbuk kelapa sangrai yang menyatu dengan kuahnya.

Salah satu kedai Palbas yang terkenal di Makassar adalah kedai Pallubasa Serigala miliki Haji Hairudin Dg Naba. Di sini, menu Palbas sudah ada sejak tahun 1987. Berlokasi di Jalan Serigala No.54, Makassar, jam operasi mulai pukul 09.00 WITA hingga 21.00 WITA. Herannya, kedai ini tak pernah sepi, pengunjung datang silih berganti untuk menikmati sajian nikmat ini. Palbas Serigala yang menempati bangunan seluas 40 meter persegi ini memang terlihat sempit karena terus dipadati pelanggan. Bahkan, tambahan meja panjang di depan kedai pun sepertinya tak bisa menampung pengunjung yang ingin memuaskan rasa penasaran mereka. Beberapa bahkan datang dari luar kota dan ingin membuktikan ketenaran Palbas Serigala. Jadi jangan heran kalau harus antre untuk menikmati semangkuk palbas di kedai ini.


Di akhir pekan, jumlah pengunjung bisa meningkat hingga berkali lipat. Sekitar 10 orang karyawan hilir mudik melayani pelanggan. Untungnya, pelayanannya cepat dan menyenangkan. Untuk menikmati Palbas ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menambahkan alas. Alas yang dimaksud adalah kuning telur ayam kampung setengah matang yang siap dicampur kuah Palbas. Tambahkan perasan jeruk nipis, supaya makin segar dan nikmat. Bagi yang tak suka, boleh memilih memesan Palbas tanpa menambahkan alas.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni mulai Rp 20.000 untuk semangkuk Palbas segar. Permintaan aneka daging atau pun jeroan juga diserahkan pada selera pelanggan. Saat ditanya bumbu rahasia dapur Palbas Serigala, salah satu karyawan hanya mengatakan sama seperti Palbas lainnya, yaitu menggunakan bahan alami. Bumbu yang digunakan mulai dari jahe, lada, ketumbar, pala, serta kayu manis. Di dalam kedai pun dituliskan bahwa Palbas Serigala menggunakan produk lokal 100%, termasuk daging lokal berkualitas pilihan.  

3 komentar: